Oleh: Mahir Martin

Chemical Engineering Fair (CEF) adalah acara tahunan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Tehnik Kimia (Himmatek) Universitas Lambung Mangkurat, Kalsel. Acara ini adalah acara yang bertujuan untuk mengenalkan fakultas tehnik ULM yang sudah dibuka selama 12 tahun.

Acara dibuka oleh wakil dekan 1 Fakultas tehnik ULM.Tahun ini acara dimeriahkan dengan lomba-lomba diantaranya;
1. Lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA Nasional.
2. Lomba mading 3D dengan tema Hydropower tingkat SMA se-Kalsel.
3. Lomba olimpiade sains dan teknologi (Ostec) tingkat SMA se-Kalsel.
4. Lomba Ranking 1 tingkat mahasiswa fakultas tehnik.
5. Lomba maket pabrik tingkat mahasiswa jurusan tehnik kimia.

SMAN Banua Kalsel mengikuti 2 mata lomba, yaitu mading 3D dan Ostec. Ada 4 tim mading 3D yaitu tim kelas XA/B/D, XIA dan 1 tim Ostec kelas XIA. Lomba diikuti oleh 12 tim Mading dan 7 tim ostec dari berbagai daerah di Kalsel.

Tim Ostec SMAN Banua berhasil merebut juara ke 2 dalam lomba tersebut, sedangkan tim mading belum bisa mempersembahkan juara.

Saran:
Tim ostec harus menguasai semua bidang sains, untuk fisika lebih banyak materi listrik, untuk kimia lebih banyak materi kelas 11, dan ditambah materi kebumian.

Tim mading harus lebih dipersiapkan di awal (minimal 80%), harus ada pelatihan presentasi konsep, semua anggota tim harus kompak mempresentasikan konsep, semua konsep mading harus saling berkaitan satu dengan yang lain, mengusung konsep yang berbeda, mengusung konsep recycle, meningkatkan kearifan lokal budaya daerah.

Semoga kita terus semangat untuk bisa memotivasi diri untuk berbuat kebaikan dan terus menebarkannya ke setiap individu-individu yang ada di sekitar kita.

Nice job students.. I am proud of you.. Keep the spirits up..